PROMO DISKON

Rabu, 03 Agustus 2022

Pilih Tukang Borongan Atau Harian



Halo Sobat APPASCO. Buat kalian yang mau membangun rumah, kira-kira lebih efisien tukang harian atau borongan ya❓🤔

♦️ Pekerja dengan Sistem Borongan

Sistem borongan ada 2 macam, yaitu:
1. Tukang+material
2. Tukang saja

Beberapa orang memilih untuk menggunakan borongan tukang dan material agar lebih praktis.

Tukang Harian Apa Borongan
Tukang Harian Apa Borongan

Kelebihan memilih tukang yang diupah secara borongan, kalian bisa menghemat tenaga karena semua pengerjaan sudah menjadi tanggung jawab tukang.

Sekali menghubungi tukang, mereka bisa mengerjakan segalanya, mulai dari pengerjaan lantai hingga furnitur. Sehingga biaya pun relatif lebih murah.

Namun kekurangannya adalah beberapa pekerja dengan sistem borongan memiliki kecenderungan mengabaikan kualitas, karena lebih mementingkan kuantitas dan kecepatan.

♦️ Pekerja dengan Sistem Harian

Kelebihan pekerjaan tukang harian biasanya lebih rapi, karena dikerjakan per hari dengan detail yang presisi. Selain itu, tukang yang diupah per hari biasanya memiliki keahlian khusus.

Kekurangannya, karena diupah per hari, banyak kasus tentang tukang yang memperlambat pekerjaannya sehingga pembangunan berjalan lambat, biaya yang dikeluarkan pun cenderung lebih banyak.

Untuk antisipasi, buatlah kontrak dan perjanjian yang jelas, utamanya soal batas waktu penyelesaian pekerjaan yang diperhitungkan secara cermat dari beban pekerjaannya.

Tukang Harian adalah pekerja yang dibayar berdasarkan Upah Harian. Pada sistem harian, tukang akan bekerja selama satu hari. Kalian juga tidak perlu menyiapkan dana besar karena pembayarannya bisa dilakukan perhari. Jika pekerjaan tukang dalam dua hari tidak memuaskan, kalian bisa langsung mengganti dengan tukang yang lain. Pekerjaan biasanya dilakukan dengan cermat dan hati-hati sehingga hasilnya relatif lebih memuaskan dibanding tukang borongan.

Namun, pada tukang harian kalian harus menyiapkan dahulu material serta gambar teknik yang menerangkan apa saja yang perlu diganti/bangun. Dari segi pemantauan, kalian harus terus menerus mengawasi kerja tukang selama seharian. Jika tidak diawasi, bisa saja mereka tidak bekerja karena semakin lama waktu mereka kerja, semakin banyak upah untuk mereka.

Tukang Borongan adalah tukang yang upah kerjanya berdasarkan target bangunan misalnya borong pekerjaan pondasi dan dinding saja, pekerjaan keramik saja, atau bahkan full renovasi.

Biaya tukang borongan lebih murah. Besar biaya tergantung dari luasan bangunan dan juga negosiasi. Jika borongan dilakukan full renovasi, kalian tidak perlu mengawasi rutin setiap hari, biasanya ada mandor yang mengawasi pekerjaan para tukang.

Namun, tidak enaknya jika borongan adalah sulit mengganti tukang borongan lain jika hasilnya tidak memuaskan. Selain itu menjadi trauma bagi kita dan akhirnya mau tidak mau kita harus pantau juga setiap harinya.

Nah, kalau Sobat APPASCO lebih memilih tukang harian atau borongan nih❓











For more discussion, feel free to contact us at 08125227383

Tidak ada komentar:

Posting Komentar