PROMO DISKON

Rabu, 31 Maret 2021

Pengaruh Jarak Kuda-kuda Baja Ringan Pada Atap

 Ternyata jarak kuda-kuda penting banget untuk diperhatikan karena ketidaksesuiaan jarak kuda-kuda bisa berpengaruh ke konstruksi atap, loh!

Pengaruh Jarak Kuda-kuda Pada Konstruksi Atap Baja Ringan
Pengaruh Jarak Kuda-kuda Pada Konstruksi Atap Baja Ringan

Apa aja ya pengaruhnya

Question: Sebelumnya, kuda-kuda itu apa sih?

appasco

Kuda-kuda merupakan rangka batang yang disusun menjadi truss. Kuda-kuda ini berfungsi sebagai penyangga utama rangka atap, yang terdiri dan batang utama luar (chords) dan batang dalam (webs), dan yang berfungsi untukmenahan gaya aksial (tarik dan tekan), maupun momen
lentur.

Berdasakan bentuk geometninya, kuda-kuda (truss) baja ringan dapat dibedakan 3 yaitu:

  • Kuda-kuda utuh/standard truss merupakan kuda-kuda berbentuk segitiga utuh, kuda-kuda jenis ini dapat digunakan pada atap pelana, maupun bagian tengah dan atap limasan
  • Kuda-kua terpancung (truncated truss), merupakan kuda-kuda berbentuk segitiga terpancung
  • Saddle truss, merupakan kuda-kuda berbentuk segitiga kecil, yang berfungsi untuk menyatukan dua bidang atap pada rencana atap bangunan yang berbentuk Lesser L.

Perhitungan kuda-kuda baja ringan berbeda dengan kuda-kuda kayu, yakni cenderung lebih rapat. Semakin besar beban yang harus dipikul jarak kuda-kuda semakin pendek.

Misalnya untuk genteng dengan bobot 40 kg/m2 jarak kuda-kuda atap baja bisa dibuat setiap 1,4 m. Sementara bila bobot genteng mencapai 75 kg/m2, maka jarak kuda-kuda atap baja ringan menjadi 1,2 m. Kuda-kuda atap merupakan struktur penting karena turut andil dalam menopang genteng. Sehingga jika pemasangannya tidak sesuai, atap baja ringan rawan ambruk. Adapun jarak pemasangan antar kuda-kuda baja ringan tergantung pada jenis genteng yang digunakan, bentang kuda-kuda, dan beban lain yang ditopang atap.

Semakin berat beban yang dipikul, seharusnya jarak kuda-kuda semakin pendek. Alternatif lain jika tidak ingin memperpendek jarak kuda-kuda adalah mengganti genteng dengan ukuran profil lebih luas atau lebih tebal.

Nah, semoga artikel ini bisa menambah wawasan kalian terkait Pengaruh jarak kuda-kuda ya!

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383

Tidak ada komentar:

Posting Komentar