image

Kamis, 11 Maret 2021

Berbagai Macam Genteng Rumah

Macam-macam genteng atap rumah

 Halo Sobat APPASCO!


Ternyata ada beberapa jenis genteng yang bisa kalian pilih untuk rumah kalian, loh😉

Apa aja ya❓

💠Jenis Genteng Asbes
Genteng asbes terbuat dari 6 gabungan mineral silikat alam. Genteng ini dapat kalian dapatkan dengan harga yang relatif murah, pemasangannya pun cukup mudah dan tidak memerlukan banyak kayu reng. Namun, serat asbes dalam bentuk partikel yang mudah terlepas bisa terhirup sehingga tidak baik untuk pernafasan

💠Genteng Kaca
Genting kaca hanya dipasang di beberapa area tertentu yang membutuhkan penerangan alami saja. Genteng ini berfungsi menyalurkan cahaya alami dan melindungi dinding ruangan dari kelembapan dan jamur. Dengan memasang genteng kaca, maka tampilan rumah kalaina kan terkesan lebih modern. Namun, yang perlu kalian waspadai adalah genteng kaca mudah pecah dan bisa membuat suhu ruangan naik jika digunakan secara berlebihan.

💠Genteng Keramik
Meskipun terbuat dari keramik, jenis genteng ini ternyata dibuat dari tanah liat. Yang membedakan genteng keramik dengan genteng lainnya adalah proses akhirnya yakni penambahan lapisan pewarna glatzur. Genteng ini kuat menahan berat badan manusia sehingga genteng ini dikenal awet dan tahan lama. Proses pembakaran dengan suhu 1100 derajat membuat warnanya lebih tahan lama. Genteng keramik ini harus dipasang secara teliti agar tidak terjadi kebocoran, kemiringan minimum 30 derajat agar air mengalir sempurna, dan memerlukan baut saat pemasangan.

💠Jenis Genteng Berbahan Logam
Bentuk genting yang satu ini menyerupai lembaran yang mirip seng. Cara pemasangannya pun harus ditanam pada balok gording rangka atap dengan sekrup. Kelebihannya yakni: Pemasangannya mudah dan cepat, hemat material karena ukurannya yang lebar, dilapisi bahan anti karat, terbuat dari material anti pecah yang membuat aman dari kebocoran, tidak perlu dicat ulang terlalu sering karena bahannya anti-lumut. Kekurangan dari jenis genteng ini adalah tampilannya yang terlihat tidak menarik jika dipasang dengan asal-asalan alias tidak rapi.

💠Genteng Tanah Liat
Jenis genteng tanah liat cukup umum dipakai di atas atap orang Indonesia. Pemasangannya harus dilakukan pada atap yang miring dengan menerapkan sistem saling mengikat dan mengunci (inter-locking). Genteng ini berbobot ringan dan bisa kalian dapatkan dengan harga yang ekonomis. Selain itu, Bahannya yang cukup kuat untuk diinjak memudahkan proses membetulkan genteng bocor. Namun, proses pemasangannya memerlukan ketelitian lebih ketika dipasang agar tidak bocor, genteng tanah liat juga rentan terhadap lumut dan jamur sehingga harus dilapisi cat atau glatzur.

Nah, Sobat APPASCO pilih genteng yang mana nih? Tulis di kolom komentar ya😉

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383

Tidak ada komentar:

Posting Komentar