image

Minggu, 21 Februari 2021

Perbedaan Pintu Kayu, Pintu Aluminium dan Pintu PVC

 Halo Sobat APPASCO. Pintu merupakan komponen pengaman rumah yang paling utama. Tentunya Sobat APPASCO harus memilih bahan pintu yang paling susuai dengan rumah kalian ya!

Perbedaan Pintu Kayu Aluminium dan PVC


Sebagai referensi, yuk simak artikel ini 😉


🔑Pintu Kayu

Salah satu pintu yang paling umum digunakan di kebanyakan rumah adalah pintu kayu. Pintu ini cocok digunakan pada berbagai ruangan ataupun bangunan. Selain materialnya yang mudah didapat, banyak juga pengrajin kayu yang mudah ditemui. Kayu memiliki beragam finishing yang cantik sehingga membuat pintu lebih estetik.

Pintu kayu memang lebih rentan terhadap air. Saat sering terkena percikan air, material kayu bisa menjadi lembap, lapuk, dan kemudian hancur. Material kayu banyak yang kuat menurut jenisnya seperti kayu jati, kamper, atau ulin, melalui proses pengovenan yang baik. Rumah akan tampil lebih alami dengan adanya ornamen/kusen kayu.

🔑Pintu Alumunium

Pintu Alumunium ringan dan murah. Materialnya yang anti rayap dan juga tahan terhadap kondisi iklim di Indonesia menjadi pilihan cocok. Bahan aluminiun lebih tahan lama, anti rayap dan tidak menyusut seperti kayu akibat perubahan cuaca. Meskipun bisa dibilang pintu ini lebih sering digunakan pada ruang tertentu seperti kamar mandi atau gudang karena karakternya kurang megah dan kokoh untuk pintu utama.

Tampilan kusen aluminium dapat dicat atau dilapis dengan warna kayu bahkan motif kayu sehingga menyerupai kayu. Perawatannya yang simpel menjadi daya tarik. Pemasangan dan perawatan untuk kusen aluminium lebih murah karena lebih tahan lama.
Hanya saja, aluminium juga memiliki kekurangan seperti rentan terkena goresan dan bisa penyok. Kelemahan lainnya bunyi pintu yang tidak enak didengar lantaran bisa berderit setelah dibuka dan ditutup.

🔑Pintu PVC
PVC yang merupakan singkatan dari Poly Vinyl Chloride merupakan bahan plastik yang sering ditemukan pada pipa atau tangki air. Material ini juga menjadi pilihan dalam memilih pintu karena ukuran dan warna yang sudah banyak dijual di pasaran. Harganya pun lebih terjangkau dibandingkan pintu lainnya. bobotnya yang ringan (paling berat bobotnya hanya 13,5kg) membuat sebagian orang tidak bisa atau tak mau mengaplikasikan sebagai pintu utama karena dinilai kurang kuat dan tidak cocok dijadikan pintu pengaman rumah yang utama. Meski pintu PVC ini anti rayap, kokoh, ringan, dan tahan kelembapan akan tetapi tidak tahan pada cuaca ekstrim. Selain itu, permukaan PVC dapat dilapisi dengan bahan atau material lain seperti motif, warna, dan tekstur. Aneka motif dan warna ini dapat disesuaikan dengan warna interior rumah.

Nah, bahan pintu yang mana nih yang akan Sobat APPASCO pilih?
Tulis di kolom komentar ya😉 For more discussion, feel free to contact us at 08125227383 (WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar