PROMO DISKON

Minggu, 15 November 2020

Mengenal ACP Aluminium Composite Panel

 Halo Sobat APPASCO! Artikel kali ini akan membahas tentang material ACP yang wajib banget kalian tahu! Yuk kita simak.

Alumunium composite panel (ACP) adalah material berbahan alumunium yang berfungsi sebagai lapisan untuk menutupi tembok dalam ruangan, plafon, maupun eksterior fasad bangunan. Secara umum, ACP terdiri dari inti lembaran terlapisi aluminium pada kedua sisinya.


Aluminium Composite Panel


Jenis ACP bisa kita bedakan berdasarkan penggunaannya, yaitu indoor serta outdoor. Perbedaannya adalah pada ketebalan aluminium serta jenis coating-nya. Apabila berfungsi pada indoor atau dalam ruangan, bisa menggunakan ACP dengan lapisan yang tipis dengan coating polyester (PE). Sementara pemasangan ACP untuk outdoor atau pada fasad bangunan akan membutuhkan lapisan yang lebih tebal dan sebaiknya menggunakan coating Polyvinylidene Difluoride (PVDF).

ACP umumnya diproduksi dengan ketebalan standar 4mm. Untuk panjang serta lebarnya, terdarpat dua ukuran lembaran ACP, yaitu 1220 x 2440 mm serta 1220 x 4880 mm. Sementara untuk lapisan aluminium di kedua sisinya, biasanya bervariasi antara 0,21mm; 0,3mm; dan 0,5mm. Lapisan aluminium yang lebih tebal berarti bahannya lebih kuat. Konsekuensinya tentu harganya lebih tinggi pula.

Untuk bangunan yang memiliki tingkat dua hingga empat lantai cukup menggunakan ACP dengan ketebalan aluminium 0,21 mm atau 0,3 mm. Beban fisik seperti angin dan hujan tidak terlalu besar sehingga ketebalan ini masih aman kita gunakan. Sedangkan untuk gedung bertingkat tinggi, sebaiknya menggunakan ACP dengan ketebalan 0,5 mm untuk memastikan bahwa ia tahan terhadap beban fisik dan cuaca.

Aluminium Composite

ACP umumnya kita dapat beli per lembar. Material ACP tahan terhadap goresan serta benturan, sehingga penggunaan ACP pada bangunan dapat pengeluaran jangka panjang.

Nah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian terkait meterial ACP ya🙂

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383 (WA)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar