PROMO DISKON

Minggu, 13 September 2020

Jenis Las Besi

 Halo Sobat APPASCO! Artikel APPASCO kali ini akan bahas tentang JENIS JENIS PENGELASAN (Jenis Las Besi) yang HARUS Kalian tahu nih!

Jenis Las Besi


Apa aja ya Jenis Las Besi❓

🔑 Shielded Metal Arc Welding (SMAW)

Pengelasan SMAW menggunakan elektroda terbungkus yang ikut mencair dan sekaligus sebagai bahan pengisi. Panas berasal dari adanya busur listrik yang menyebabkan elektroda dan logam dasar melebur secara bersamaan. Fluks elektroda (pembungkus elektroda) berfungsi untuk melindungi logam las agar tidak bereaksi dengan lingkungan/atmosfer.
🏷️Contoh kode filler metal yang sering digunakan dalam AWS adalah E 7018.

🔑 Gas Metal Arc Welding (GMAW/MIG)

Macam-macam pengelasan berikutnya adalah Gas Metal Arc Welding. Ada 2 macam pada pengelasan jenis ini yaitu MIG (Metal Inert Gas) dan MAG (Metal Active Gas). Perbedaan keduanya adalah pada gas yang digunakan dalam proses pengelasan. Proses MIG memakai gas mulia saja; Argon, Helium, sedangkan MAG menggunakan gas CO2 atau campuran dengan argon. Pengelasan GMAW biasanya digunakan pada pengelasan fabrikasi steel structure material CS menggunakan CO2 atau campurannya.
🏷️Contoh filler dalam AWS: ER 70 S-6

🔑 Submerged Arc Welding (SAW)

Proses pengelasan SAW banyak digunakan pada material yang berbentuk plat yang tebal. Upaya untuk mendapat kedalaman penetrasi sambungan, makan digunakan arus DCEP. Sambungan dapat di-backing dengan Cu, fluks, berbagai jenis isolasi ataupun baja. Proses pengelasan SAW dapat digunakan untuk baja karbon, baja paduan semua grade.
🏷️Contoh filler metal dan fluksnya dalam AWS class adalah F7A6-EM12K.

🔑 Flux Core Arc Welding (FCAW)

Pengelasan FCAW merupakan macam-macam pengelasan yang hampir sama dengan proses GMAW. Proses pengelasan FCAW menggunakan elektroda berinti sebagai pengganti solid electrode dan digunakan untuk menyambung logam ferrous.
🏷️Contoh filler metal dalam AWS adalah E 81 T1 B2

🔑 Gas Tungsten Arc Welding (GTAW/TIG)

Macam-macam pengelasan selanjutnya yang juga cukup populer adalah Gas Tungsten Arc Welding (GTAW) atau juga sering disebut Tungsten Inert Gas (TIG). Elektroda yang digunakan (tungsten) tidak ikut melebur, yang melebur adalah bahan pengisi (filler) biasa disebut welding rod. Busur listrik terjadi antara elektroda dan material dasar (base metal), sedangkan shielding gas digunakan untuk melindungi elektroda dan logam cair. Gas yang digunakan adalah gas mulia; argon, helium atau campuran argon dan helium.
🏷️Contoh filler metal dalam AWS adalah ER70SG, ER80SG

Nah, sekarang Sobat APPASCO udah tahu kna kalau ada banyak jenis pengelasan. Walaupun terlihat sama, tapi sebenarnya beda loh😉

For more discussion, feel free to contact us at 08125227383 (WA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar